Disusun Oleh Sutrisno
Sekolah : SMP 1 Nanggulan
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / Genap
Standar Kompetensi : Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk
Kompetensi Dasar : Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya
dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
Indikator : . Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh
melalui percobaan
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah melakukan pengamatan jalannya sinar sejajar sumbu utama yang jatuh pada cermin cekung, para siswa dapat menjelaskan arah sinar pantulnya dengan benar.
2. Melalui pengamatan dan diskusi pemantulan cahaya pada cermin cekung para siswa dapat merumuskan sinar-sinar istimewa pada cermin cekung.
3. Setelah memahami konsep sinar-sinar istimewa pada cermin cekung (Tujuan 2) para siswa dapat membuat lukisan bayangan dengan benar.
B. Materi Pembelajaran :
· Cermin cekung bersifat mengumpulkan sinar pantul atau konvergen. Ketika sinar-sinar sejajar dikenakan pada cermin cekung, sinar pantulnya akan berpotongan pada satu titik. Titik perpotongan tersebut dinamakan titik api atau titik focus
· Sinar-sinar istimewa pada cermin cekung
a. Sinar datang sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan melalui titik fokus.
b. Sinar datang melalui titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama.
c. Sinar datang melalui titik pusat kelengkungan cermin akan dipantulkan ke titik itu juga.
Pembentukan Bayangan Pada Cermin Cekung
Titik bayangan terjadi pada perpotongan sinar-sinar pantul atau perpanjangannnya. Perhatikan gambar berikut!
C. Metode Pembelajaran :
1. Eksperimen
2. Diskusi
3. Study Pustaka
Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan CTL, di mana siswa dihadapkan pada berkas cahaya yang memantul dari cermin
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan:
· Untuk memotivasi siswa diajak menyaksikan jalannya sinar yang dipancarkan oleh lampu senter. Disini peran reflector bekerja sehingga cahaya yang keluar dari senter terarah.
· Guru menjelaskan tujuan kegiatan hari ini dan apa yang harus dilakukan oleh sisw agar dapa mencapai tujuan itu.
2. Kegiatatan Inti :
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk mengamati jalannya sinar yang didatangkan ke cermin cekung.
· Siswa menyusun alat-alat yang digunakan untuk percobaan sesuai petunjuknya
· Siswa mencoba alat sampai mendapatkan sinar-sinar yang sejajar yang melalui diafragma bercelah 5
· Siswa meletakkan kertas pada meja optik
· Siswa meletakkan cermin cekung di atas kertas dan pada kertas ditandai dengan ballpoint letak cermin tersebut.
· Siswa mengamati sinar sejajar sumbu utama yang jatuh ke cermin dipantulkan melalui titik fokus
· Siswa menandai kertas yang dilalui sinar-sinar pantul tersebut.
· Siswa mematikan catu daya dan mengambil kertas dari meja optic ditaruh di meja untuk dibuat garis-garis yang menggambarkan sinar dating dan sinar pantul
· Siswa berdiskusi tentang apa yang telah diamatinya tadi sehingga dapat menjelaskan peristiwa tersebut
· Selanjutnya siswa membandingkan apa yang diamatinya dengan pustaka yang ada.
· Siswa menemukan kesamaan apa yang diamatinya dengan yang ada di dalam buku sehingga mendapatkan konsep sinar-sinar istimewa.
· Siswa mempelajari bagaiamana cara membuat lukisan bayangan yang terjadi akibat pemantulan pada cermin cekung berdasar penguasaan konsep sinar-sinar istimewa dan melalui study pustaka
· Siswa mencoba membuat lukisan bayangan berdasarkan contoh yang ada pada buku..
3. Kegiatan Penutup :
a. Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru dengan berpedoman pada apa yang telah dilakukan di atas.
b. Guru memberikan tugas untuk membuat laporan praktikum di rumah
E. Sumber Belajar :
a. KARIM, Saeful. Belajar IPA: Membuka Cakrawala Alam Sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs, Saeful Karim ... [et.al.] – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Halaman 282 - 285
b. Petunjuk Menggambarkan bayangan (Terlampir), LKS yang tersedia pada Kit Optik.
c. Alat-alat untuk eksperimen: Meja Optik, Rel presisi, Penyambung Rel, Kaki Rel, Rumah Lampu, Pemegang slide diafragma, Diafragma 5 lubang, lensa f=10cm, Catu Daya, Kabel penghubung merah, Kabel penghubung hiitam, Kertas Putih, Ballpoint, Penggaris, Cermin 3 jenis.
F. Penilaian :
a. Teknik Penilaian:
- Tertulis
Soal-soal
1. Bagaimanakah jalannya sinar pantul yang terjadi ketika sinar sejajar dijatukan3 pada cermin cekung?
2. Tuliskan sinar-sinar istmewa pada cermin cekung?
3. Perhatikan gambar berikut:
P adalah benda yang terletak di depan cermin cekung.
Buatlah lukisan bayangannya dan tuliskan sifat bayangan yang terjadi
Kunci Jawaban
1. Sinar-sinar itu oleh cermin dipantulkan melalui titik tertentu (disebut titik fokus)
2. SInar-sinar istimewa pada cermin cekung ada 3 yaitu:
a. Sinar yang datang ke cermin sejajar sumbu utama oleh cermin dipantulkan melalui ttik fokus
b. SInar yang datang ke cermin melalui titik fokus oleh cermin dipantulkan sejajar sumbu utama.
c. SInar yang datang ke cermin melalui titik pusat kelengkungan cermin oleh cermin dipantulkan kembali melalui titik itu juga.
3. Lukisan bayangan:
Benda
Bayangan
b. Pedoman Penilaian
No. Soal | Skor | |
1 | Kalau benar | 2 |
2 | Kalau benar | 3 |
3 | Benar melukiskan cermin Benar melukiskan sinar dating Benar melukiskan sinar pantul Benar melukiskan bayangan Skor untuk no. 3 | 1 1 1 2 |
| Jumlah skor seluruhnya | 5 |
| Jumlah skor | 10 |
| | |
Nilai Akhir = skor x 10
Nialai akhir maksimum = 10 x 10 = 100
Nanggulan, 15 April 2009
Kepala SMP 1 Nanggulan -------------- NIP ------------------ | Guru Mata Pelajaran Sutrisno NIP --------------- |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar