Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Disusun Oleh Sutrisno
Sekolah : SMP 1 Nanggulan
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / Genap
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-
hari
Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsi-kan konsep getaran dan gelombang
serta parameter-parameternya
Indikator : . • Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-
hari
• Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah melakukan pengamatan pada bandul yang berayun-ayun bolak balik para siswa dapat menjelaskan pengertian getaran dengan benar.
2. Melalui pengamatan berbagai jenis getaran para siswa dapat mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari dengan benar..
3. Setelah melakukan eksperimen menghitung banyaknya getaran dalam waktu tertentu para siswa dapat mengukur perioda dengan benar.
4. Setelah melakukan eksperimen menghitung banyaknya getaran dalam waktu tertentu para siswa dapat mengukur frekuensi dengan benar. (berkaitan dengan tujuan 3)
B. Materi Pembelajaran :
Getaran.
Ciri-ciri getaran
Getaran adalah gerak bolak-balik melalui titik setimbang. Satu getaran didefinisikan sebagai satu kali bergetar penuh, yaitu dari titik awal kembali ke titik tersebut.
Perhatikan Gambar di samping! Satu kali getaran adalah ketika benda bergerak dari titik A-B-C-B-A atau dari titik B-C-B –A - B. Bandul tidak pernah melewati lebih dari titik A atau titik C karena titik tersebut merupakan simpangan terjauh. Simpangan terjauh itu disebut amplitudo. Di titik A atau titik C benda akan berhenti sesaat sebelum kembali bergerak. Contoh amplitudo adalah jarak BA atau jarak BC. Jarak dari titik setimbang pada suatu saat disebut simpangan.
Contoh getaran pada kehidupan sehari-hari yang lain adalah pegas seperti gambar berikut :
Contoh ini memberikan informasi bahwasanya getaran bukan hanya pada ayunan tetapi bisa juga pada pegas yg ditaerik kemudian dilepas. Dari kejadian itu jelaslah bahwa adanya gerak bolak-balik melalui titik kesetimbangan menjadi petunjuk teridentifikasi adanya getaran.
Periode dan Frekuensi
Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu kali getaran disebut periode getar yang dilambangkan dengan (T). Banyaknya getaran dalam satu sekon disebut frekuensi (f). Suatu getaran akan bergerak dengan frekuensi alamiah sendiri.
Hubungan frekuensi dan periode secara matematis ditulis sebagai berikut.
T f = 1 atau
dengan: T = periode (s), f = banyaknya getaran per sekon (Hz),
C. Metode Pembelajaran :
1. Eksperimen
2. Diskusi
3. Study Pustaka
Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan CTL, di mana siswa dihadapkan pada berbagai benda yang bias dibuat berayun atau begetar
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan:
• Untuk memotivasi siswa diajak memegang tenggorokan sambil bersuara, disini siswa merasakan adanya getaran.
• Guru menjelaskan tujuan kegiatan hari ini dan apa yang harus dilakukan oleh sisw agar dapa mencapai tujuan itu.
2. Kegiatatan Inti :
• Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk eksperimen mengidentifikasi getaran
• Siswa menyusun alat-alat yang digunakan untuk percobaan sesuai petunjuknya
• Siswa melakukan eksperiman dengan mengayunkan bandul yang digantung dengan tali yang diayun
• Siswa merumuskan pengertian getaran berdasar apa yang telah diamati.
• Siswa melanjutkan eksperimen menggunakan pegas yang ditarik kemudian dilepas, yang ternyata juga menghasilkan getaran
• Siswa berdiskusi untuk bisa mengidentifikasi getaran
• Siswa melanjutkan percobaan untuk menghitung jumlah getaran dalam waktu yang mereka tentukan sendiri
• Siswa menghitung jumlah getaran tiap detik yang selanjutnya disebut frekuensi
• Siswa menghitung waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getar yang selanjutnya disebut periode
• Siswa mengulang kegiatan tersebut dengan mengganti panjang tali
• Dilanjutkan dengan diskusi untuk membahas hubungan antara periode dengan frekuensi
•
3. Kegiatan Penutup :
a. Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru dengan berpedoman pada apa yang telah dilakukan di atas.
b. Guru memberikan tugas untuk membuat laporan praktikum di rumah
E. Sumber Belajar :
a. KARIM, Saeful. Belajar IPA: Membuka Cakrawala Alam Sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs, Saeful Karim ... [et.al.] – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Halaman 282 - 285
b. Alat-alat untuk eksperimen: Beban gantung, benang nylon secukupnya, pegas spiral, stop watch, penggaris panjang, batang statif panjang, batang statif pendek, kaki statif, penjepit,.
F. Penilaian :
a. Teknik Penilaian:
- Tertulis
Soal-soal
1. Sering kita mendengar kata getaran. Apa yang dimaksud dengan getaran?
2. Apakah cirri-ciri adanya getaran?
3. Jika pada percobaan menggetarkan penggaris didapatkan 8 getaran dalam waktu 5 sekon, berapakah period getaran itu?.
4. Jika dalam waktu 10 detik terjadi 15 kali getar, berapakah frekuensinya?
Kunci Jawaban:
1. Getaran adalah gerakan bolak-balik melalui titik keseimbangan
2. Ciri-ciri getaran adalah: Ada gerakan bolak-balik secara periodik, memiliki frekuensi dan period.
3. Diketahui: n = 8, t = 5 s
Ditanyakan: T
Jawab:
T = t/n
= 5/8
= 0, 625 sekon
4. Diketahui:
t = 10 s, n = 15
Ditanyakan : f
Jawab:
f = n/t
= 15/10
= 1,5 hertz
Pedoman Penilaian:
No. Soal Skor
Jika benar 2
2 Jika benar 2
3 Diketahui: n = 8, t = 5 s
Ditanyakan: T ……………… skor 2
Jawab:
T = t/n ………………………..skor 1
= 5/8 ……………………….skor 2
= 0, 625 sekon …………….skor 3
Jumlah skor no. 3 8
4 Diketahui:
t = 10 s, n = 15
Ditanyakan : f ……….. skor : 2
Jawab:
f = n/t ………………….skor : 1
= 15/10 ………………skor : 2
= 1,5 hertz …………...skor : 3
Jumlah skor no. 4 8
Jumlah skor 20
Nilai Akhir = skor x 5
Nilai akhir maksimum = 20 x 5 = 100
Nanggulan, 5 Januari 2009
Kepala SMP 1 Nanggulan
------------
NIP ------- Guru Mata Pelajaran
Sutrisno
NIP ------------
Selasa, 15 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar